Penghobi Koi Wajib Perhatikan Aktivitas Koi Ini!

Table of Contents

Sebenarnya berapa ideal kedalaman kolam koi?

Kolam koi berpengaruh pada pertumbuhan koi dan perilaku koi. Semakin panjang ukuran koi maka kedalaman yang diperlukan semakin dalam. Hal ini sudah dilakukan oleh para pemain koi. Apakah alasan dari hal tersebut?

Ternyata ikan juga memiliki masa pertumbuhan dan sama seperti manusia, ikan juga akan tumbuh lebih cepat bila bergerak aktif. Oleh sebab itu, dibutuhkan ruang gerak yang cukup untuk koi. Ikan Koi yang cenderung bergerak cepat biasanya menggunakan sirip ekor ketika berenang, sedangkan ikan-ikan yang bergerak lambat biasanya menggunakan sirip pektoral dan sirip anal ketika berenang. Perbedaan penggunaan sirip tersebut akan mempengaruhi kecepatan renang dan pertumbuhan ikan.

Keterkaitan Ekor Dengan Pertumbuhan Koi

Kecepatan berenang ikan Koi bertumpu pada gerakan ekornya. Makin keras kibasan ekornya, maka makin cepat pula Koi berenang. Koi yang memiliki bagian ekor yang kuat, tentu dapat berenang dengan cepat. Kekuatan ekor koi ditandai dengan bagian pangkal ekornya atau yang dikenal dengan ‘Uzutsu‘. Oleh karena itulah, maka untuk memprediksi apakah sekor Koi punya bakat jadi besar (Jumbo) adalah dengan mengamati bagian pangkal ekornya (uzutsu).

Gerakan Renang Vertikal

Faktor lainnya yang bisa menunjang kecepatan pertumbuhan Koi adalah aktifitas berenang vertikal. Gerakan renang vertikal ini biasanya terjadi ketika ikan Koi sedang berada di dasar kolam, lalu tiba-tiba anda memberi pakan, maka gerakan renang koi dari dasar kolam menuju ke permukaan untuk mengambil pakan dilakukan secara vertikal dengan cepat.

Gerakan Koi dalam berenang secara vertikal inilah yang menimbulkan reaksi pada otot dan tulang dan akan mempercepat pertumbuhannya. Semakin sering Koi berenang vertikal, maka panjang badannya juga akan makin cepat bertambah. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa kedalaman kolam sangat penting agar Koi dapat berenang secara vertikal.

kesimpulannya kedalaman kolam berpengaruh pada pertumbuhan koi karena koi akan banyak memiliki ruang gerak dan akan berenang vertikal. selain kedalaman kolam, genetik ikan juga mempengaruhi pertumbuhan koi. pangkal ekor ‘Uzutsu’ yang besar menandakan bahwa koi itu memiliki bakat jumbo.