JENIS KOI YANG DISUKAI PENGHOBI DAN KEEPER KOI (KEEPING)

Table of Contents

Dari berbagai jenis koi yang ada, para penghobi koi dan keeping koi rata-rata menikmati proses yang terjadi pada koi kesayangan mereka. Proses tersebut bisa berupa perubahan warna dari pucat ke warna pekat, pattern yang masih tategoi dan sasi ke sumi yang pekat dan sasi yang keluar dan dari jumbo tosai ke bulky body punuk jumbo.

Gosanke merupakan pilihan yang sering diambil oleh penghobi dan keeper koi. Kebanyakan gosanke memenangkan kejuaraan dan champion pada ajang show koi.

Jenis gosanke yang sering dijadikan koi kesayangan dan bahan keeping adalah jenis showa. Hal ini dikarenakan perubahan pada tubuh Showa yang signifikan mulai dari pattern, sumi dan tubuhnya yang bisa mencapai ukuran satu meter.

Perubahan yang bagus pada showa tentunya didukung dengan genetik, kondisi air tempat tinggal koi, pakan yang berkualitas dan bakat koi itu sendiri. genetik dan bakat koi itu sendiri merupakan penentu dari kualitas showa di masa depan.

Tentunya para penghobi harus jeli dalam memilih showa dan jika memungkinkan bisa mengetahui bloodline dari showa yang anda pilih. Berikut ciri-ciri showa yang bagus:

  1. Pertemuan antara corak merah putih dan hitam berbatas tajam tidak gradasi serta warna terang dan pekat
  2. Proporsi tubuh ideal 1:2,3 – 3 antara kepala dengan tubuh koi
  3. Dimensi sirip dada dan perut sama besar, sirip punggung dan ekor wajib sepadan dengan besar dan panjang badan.
  4. Proporsi hidung tidak terlalu mancung atau tenggelam. Jika hidup tampak terbuka, kemungkinan besar showa pernah sakit pada insang.
  5. Pola hitam di kepala. Sebaiknya cukup lebar dan berbentuk zig zag atau biasa disebut (pola petir)