PERBEDAAN TSUBO SUMI DAN KASANE SUMI PADA IKAN KOI

Table of Contents

Sumi merupakan pola hitam pada tubuh koi. Sumi bisa berubah menjadi lebih pekat, lebih lebar, muncul dan bahkan menghilang. Keeping sumi pada koi gampang-gampang susah ya friends… Keeping sumi pada koi membutuhkan perhatian khusus pada suhu lingkungan dan air kolam. sumi membutuhkan lingkungan yang sejuk cenderung dingin untuk memunculkan sumi. selain itu pakan yang digunakan biasanya khusus untuk sumi. Next time kita akan bahas bagaimana sumi bisa muncul dan menghilang dan apa saja treatment yang dibutuhkan.

Sumi dibedakan menjadi dua yaitu, Tsubo Sumi dan Kasane Sumi. Tsubo Sumi merupakan sumi yang muncul pada shiroji koi dan tidak bertumpuk dengan warna merah atau hi pada koi. Sedangkan Kasane Sumi merupakan kebalikan dari Tsubo Sumi. Kasane muncul diatas warna merah pada koi. bagi para penghobi pemula mungkin masih bingung. ini perbedaan keduanya

Setelah kita mengetahui perbedaannya. Penghobi sering bertanya, “Sumi yang bagaimana yang bagus?” keduanya bagus. Koi adalah ikan hias yang unik. Akan tetapi banyak penghobi yang lebih menyukai Tsubo sumi.

Sebelum muncul ke permukaan sisik atau kulit koi. sumi yang masih di dasar dinamakan tategoi. Para keeping koi melihat masa depan koi bagus atau tidak dilihat pada pola suminya yang masih tategoi. selain menjadi tantangan yang menarik untuk menumbuhkan sumi, hal ini juga dikaitkan dengan sebuah proses perkembangan sumi dan harga perolehan yang akan lebih terjangkau dari pada koi yang sudah finish dan siap show.